Skip to main content

Falsafah Hidup Orang Jawa

Diri saya adalah diri kamu, cahayamu adalah cahayaku, kamu adalah saudaraku, kamu adalah aku, Satu - Siji - Tunggal tidak ada pemisahnya. Apa yang ingin kamu ketahui tentang AKU dan jika kamu niat dari hati yang paling dalam, maka aku sudah berkewajiban untuk menyampaikannya kepadamu hingga kamu paham dan mengerti ,lalu memperbaiki perilakumu, hingga kamu bergerak JUJUR dan LURUS.


Beberapa pesan moral dari leluhur Jawa semoga dapat memberi sedikit gambaran betapa tingginya nilai nilai budi luhur yang sudah diwariskan kepada anak cucunya. beberapa yang bisa dikutip adalah sebagai berikut:

1. Fokuslah kepada pekerjaan kita bukan pada hasilnya: Banyak dari kita yang lebih melihat hasil saat kita bekerja. Pekerjaan itu sendiri lebih menyenangkan daripada hasil. Jangan biarkan hasil menjadi tujuan dari tindakan kita, dengan begitu kita tidak akan terikat. Dengan kata lain, nikmatilah perjalanannya bukan tujuannya. Seniman besar, prajurit besar dan ilmuwan besar menyenangi apa yan…

Menjadi Kaya Bukan Jaminan Untuk Bahagia

Menjadi Kaya Bukan Jaminan Untuk Bahagia




Mendapatkan banyak uang dan membuat seseorang lebih kaya, belum tentu membuat yang bersangkutan bahagia. Hasil penelitian dari University of Warwick dan Cardiff University, Inggris Raya yang dipublikasikan beberapa waktu lalu menemukan bahwa kebahagiaan seseorang ternyata tergantung pada tingkat sosialnya.

Hasil penelitian itu menunjukkan, jika seseorang pendapatannya meningkat itu belum tentu membuatnya bahagia jika tak mengubah posisi sosialnya. Untuk membuatnya bahagia, pendapatan itu harus menjadikannya lebih kaya dari rekan-rekannya atau para tetangganya.“Seseorang dengan pendapatannya 1 juta dolar AS (sekitar Rp 920 juta) setahun belum tentu bahagia jika ia tahu temannya berpendapatan 2 juta dolar AS (sekitar Rp1,8 miliar) setahun,” ujar Chris Boyce, peneliti dari University of Warwick, yang meneliti masalah itu.

Mungkin itulah, kenapa kebahagiaan tak hanya milik orang kaya semata. Orang miskin yang merasa “lebih beruntung” bisa merasa bahagia jika melihat nasibnya lebih baik dibanding orang lain yang lebih miskin. Sebaliknya, orang kaya yang hidup di kompleks perumahan yang semua penghuninya orang-orang kaya, merasa tertekan karena ia jadi “orang miskin” di antara orang-orang kaya. Tetapi ia bisa merasa bahagia jika mau mensyukuri apa yang sudah didapatkan dengan membandingkannya pada orang lain di luar kompleks yang hidupnya serba sederhana. Itulah pentingnya berpikiran positif.

Nah, hasil penelitian lain yang dipublikasikan kemarin (1 Juli 2010) juga menunjukkan hal yang mirip. Penelitian yang meliputi 136.000 orang dari 132 negara itu menunjukkan bahwa tidak berarti negara yang masyarakatnya lebih kaya, masyarakatnya lebih bahagia. Amerika Serikat yang penduduknya rata-rata paling kaya di dunia hanya menempati urutan ke-16 di antara 132 negara di dunia dalam soal kebahagiaan. Uang memang membuat mereka lebih kaya tetapi belum tentu membuatnya lebih bahagia.

Ada juga negara seperti Korea Selatan dan Rusia yang dari pendapatan masyarakatnya tinggi tapi mereka kurang menikmati hidup sehingga dalam urutan kebahagiaan itu mereka berada di bawah. Urutan pertama diduduki Denmark. Kuncinya karena masyarakat Denmark lebih berpikiran positif dan lebih bisa menikmati hidup sehingga mereka lebih berbahagia.

Sumber: andriewongso.com

Popular posts from this blog

Kawasaki ZX 130 Modification

Spare Part untuk modifikasi Kawasaki ZX 130:
Setang X1-R Thailand
Speedometer KOSO Digital RX1N
Spion KOSO
Master Rem Depan KITACO Adjustable
Handgripp HARRIS
Spatbor Motogp
Disc Depan PSM 320mm
Kaliper KITACO 4 Piston
Bohlam WURTH 25 watt 2 pcs
Saklar Scorpio
Tutup Tangki Carbon Kevlar
Balancer Monel
Velg Depan Sprint 2,5"
Ban Depan Battlax BT 090 100-70

Swing Arm KRR
Monoshock MX
Velg Belakang Sprint 3"
Ban Belakang Battlax BT 090 120-60
Spatbor belakang Ninja R
Disc Belakang Supra
Kaliper Belakang Mio
Master Rem Belakang Nissin
Gear belakang GL Pro
Knalpot Termignoni
CDI BRT Hyperbrand

Chrome oleh Cahaya Mutiara Gunung Sahari
Painting oleh Big Modification Pisangan
Disc depan + Belakang oleh Big Modification Pisangan

By the way, Motor ini sangat layak jalan walaupun sudah banyak modifikasi, udah dibuktikan di bawa ke Lembang melalui Jalur Jakarta-Bogor-Puncak-Cianjur-Bandung-Lembang dan sebaliknya, yg bawa ke bandung temen gw bro iyan, tp pas ke lembang gw yang bawa, sek…

10 Rahasia Sukses Orang Jepang | Bangsa yang Berkarakter

Semua orang telah tahu bahwa Jepang adalah negara maju yang sangat hebat dan berjaya. Namun gempa dan tsunami yang melanda negeri matahari itu menghancurkan sebagian besar wilayah Jepang yang berdampak pada perekonomiannya. Akan tetapi sepertinya tidak perlu lama bagi Jepang agar bisa kembali menguasai perekonomian dunia, karena Jepang dikenal memiliki rakyat yang sangat luar biasa ulet. Banyak orang-orang sukses berasal dari Jepang.

Untuk itu tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa yang membuat Jepang begitu perkasa di bidang ekonominya. 1. Malu
Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dalam pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pemimpin yang terlibat korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bu…

Install Ubuntu 14.04 LTS via flashdisk

Berat memang meninggalkan sistem operasi Microsoft Windows 8.0 tetapi langkah ini harus ditempuh agar saya bisa menginstall sistem operasi Ubuntu 14.04 LTS agar bisa memulai belajar Ruby on Rails. pernah mencoba install virtualbox di windows, tetapi sangat membutuhkan resources yang lumayan rakus jadi kinerja laptop saya jadi ngos-ngosan. tanpa pikir panjang akhirnya saya format dan menjadikan Ubuntu 14.04 sebagai satu-satunya sistem operasi yang hanya saya gunakan di netbook saya. langkah pertama yang saya gunakan untuk menginstall netbook saya adalah membuat file installer ISO ke USB Flashdisk. mengapa saya lakukan hal tersebut karena netbook saya sudah pasti tanpa CD/DVD Drive baik internal maupun eksternal. berikut langkah yang saya lakukan:

A. Download Lily USB Creator secara gratis.
Untuk menjalankan dan membuat ISO di flashdisk:
Start LinuxLive USB Creator from your Start Menu -> All Programs -> LinuxLive USB Creator
Creating a Linux Live USB key is then a five easy steps…